Dalam dunia penerbangan, komunikasi
yang terjadi antara penerbang (pilot pesawat udara) dan petugas pengontrol di
darat atau disebut pengatur lalu lintas penerbangan (Air Traffic Controller)
dan juga antar petugas didarat menggunakan alat komunikasi yang terbagi dalam 2
(dua) kelompok yaitu :
- Peralatan komunikasi antar stasiun penerbangan
(aeronautical fixed service/AFS)
- Peralatan komunikasi lalu lintas penerbangan
(aeronautical mobile service/AMS)
A. AFS (AERONAUTICAL FIXED SERVICE)
Komunikasi radio penerbangan tetap atau Aeronautical Fixed Service (AFS) adalalah hubungan komunikasi antara tempat-tempat yang tetap dan tertentu (point to point) Hubungan point to point ini diperlukan oleh unit-unit keselamatan penerbangan meliputi:
Komunikasi radio penerbangan tetap atau Aeronautical Fixed Service (AFS) adalalah hubungan komunikasi antara tempat-tempat yang tetap dan tertentu (point to point) Hubungan point to point ini diperlukan oleh unit-unit keselamatan penerbangan meliputi:
- Inter-area communication; yaitu hubungan antara
pusat-pusat pengawasan lalu lintas penerbangan ACC(Area Control Centre)
/FIC(Flight Information Display) /FSS(Flight Service Station) dengan
ACC/FIC/FSS yang berbatasan.
- Intra-area communication; yaitu hubungan antara
ACC/FIC/FSS dengan unit APP(Approach Control) /ADC(Aedromen Control)
/AFIS(Aerodrome Flight Information Service) yang berada dalam daerahnya.
Dalam hubungan ini juga termasuk
keperluan berita dari/antara kantor-kontor Meteo, Notam, dan dalam batas-batas
tertentu antara kantor perusahaan penerbangan.
Jenis dan Sistem Komunikasi AFS :
Jenis dan Sistem Komunikasi AFS :
- Printed Communication: yaitu berita penerbangan yang
dipertukarkan dalam bentuk berita tertulis yang dicetak. Jenis ini
dipergunakan pada komunikasi AFTN (Aeronautical Fixed Telecommunication
Network).
- Speech (voice) Communication: yaitu pertukaran berita
dilakukan secara langsung khusus untuk pertukaran informasi dan kordinasi
dalam pengawasan lalu lintas penerbangan. Dipergunakan untuk keperluan
unit-unit ATS (Air Traffic Services) direct speech serta fix voice
communication coordination.
Fasilitas atau Peralatan AFS :
- AMSC (Automatic Message Switching Centre).
AMSC merupakan Sarana komunikasi teleprinter antar unit-unit ATS (point to point) dengan memakai sistem transmisi satelit (VSAT),yang berfungsi sebagai pengontrol berita. AMSC merupakan suatu sistem pengatur penyaluran berita (message switching) berbasis komputer yang bekerja secara store dan forward artinya berita masuk ke AMSC disimpan lalu disalurkan sesuai dengan Address (alamat) yang dituju. fungsi yang dilakukan oleh AMSC adalah menerima berita, memproses berita, menyalurkan berita sesuai dengan prioritas yang ada serta memberikan respon terhadap berita khusus.
Pemrosesan berita meliputi : - identifikasi berita
- penyaringan berita (filtering message) sesuai dengan
format yang dikenal
- perbaikan berita yang menyimpang tapi masih dalam
batas toleransi system
- penyimpanan berita
- pengalamatan berita
- pemberian respon terhadap berita sesuai dengan aturan
yang ada
- AMHS (Aeronautical Message Handling System).
AMHS merupakan sistem di dalam ATN yang digunakan untuk menggantikan AFTN (suatu struktur jaringan hubungan komunikasi seluruh dunia yang ditetapkan berdasarkan ketentuan ICAO (Annex 10, Volume II) - HF (High Frequency)
HF (High Frequency) adalah radio komunikasi yang gelombangnya bekerja pada frekuensi 2 Mhz sampai 24 Mhz. Radio komunikasi ini biasanya dipergunkaan untuk berkomunikasi jarak jauh. Alasannya karena sifat gelombangnya yang dapat memantul dan tidak memiliki efek hambatan pada objek atau lawan komunikasi. Kemampuan frekuensi ini dapat memantul hingga lapisan ionosphere. Dan kelebihan lainnya adalah jika seorang komunikator menggunakan radio di frekuensi ini, jarak sejauh apapun dapat dijangkau. Namun radio komunikasi ini masih tergantung kepada keadaan cuaca atau propagasi yang ada.
Sifat dan kerja radio komunikasi ini adalah pancaran gelombangnya dikirimkan terlebih dahulu melewati lapisan ionosphere dan kemudian memantulnya kembali ke bumi menuju stasiun tujuan. Untuk pancaran gelombang kedua yang terhambat oleh objek, akan memantul terus menerus sampai ke stasiun tujuan.
Setiap stasiun pemancar dan penerima di darat dihubungkan ke pusat komunikasi/ operasi dengan perantara kabel atau radio link. Dari pusat komunikasi para operator mengirim dan menerima berita melalui peralatan teletype atau RTF console. Pada stasiun yang kecil dipergunakan pesawat transceiver untuk mengirim dan menerima berita. Peralatan HF digunakan untuk melakukan pertukaran berita penerbangan melalui suara (untuk koordinasi antar unit-unit ATS / Air Traffic Services). - AFTN
AFTN adalah suatu sistem jaringan yang digunakan untuk komunikasi data penerbangan antara satu bandara dengan bandara lainnya. komunikasi data penerbangan ini sangat penting karena berguna untuk mengirimkan jadwal penerbangan, berita cuaca, dan berita lain yang berhubungan dengan penerbangan.
Dalam sistem AFTN di bandara menggunakan peralatan yang dinamakan AMSC (Automatic Message Switching Center) yaitu sistem komunikasi data penerbangan berbasis komputer. Setiap Bandara mempunyai alamat yang tidak sama dan terdiri dari 4 karakter Alfabet yang menunjukkan alamat bandara tersebut dan 3 karakter alfabet yang menunjukkan unit disuatu Bandara dan 1 karakter alfabet yang menunjukkan Filler. contoh :
- Alamat unit Briefing Office Bandara Hasanuddin
Makassar WAAAYOYX
WAAA : Alamat AMSC Bandara Hasanuddin Makassar YOYX : Alamat Briefing Office Bandara Hasanuddin Makassar - Alamat Briefing Office Bandara Soekarno-Hatta Jakarta
WIII YOYX
WIII : Alamat AMSC Bandara Soekarno-Hatta Jakarta YOYX : Alamat Briefing Office Bandara Soekarno-Hatta Jakarta
Jenis berita AFTN
Ada 7 jenis berita (message) yang berlaku pada sistem AMSC yaitu:
- Normal Message
yaitu berita dari pemakai yang harus disalurkan ke alamat tujuannya. terdapat dua macam format berita, yaitu ITA-2 dan IA-5 - Service Message
yaitu berita yang dihasilkan oleh sistem AMSC dikarenakan kesalahan yang terdeteksi oleh sistem dari suatu berita yang masuk. service message ini akan dikirimkan ke stasiun pengirim dan ke posisi supervision & correction terminal. - Outstation Command
yaitu berita yang dialamatkan ke sistem dan berisi perintah yang akan dilaksanakan oleh sistem secara otomatis. - Priodic Message
yaitu berita yang dihasilkan oleh sistem amsc secara periodik. jenis berita ini terdiri atas 2 macam yaitu Channel Continuity check dan Midnight check. Channel Check untuk menjamin bahwa saluran tetap terhubung baik (tidak putus), maka stasiun luar akan menerima sebuah "channel Continuity Check Message" dengan standar interval tertentu. - Test Message
yaitu berita yang dihasilkan oleh sistem AMSC untuk tujuan test pada suatu saluran yang dikehendaki. - Acknowledgement Message
Seluruh sinyal Anknowledgement yang dibangkitkan oleh sistem akan dicetak pada saluran "Reject Intercept Position" acknowledgement message, yang menjadi indikasi bahwa sebuah data yang terkirim telah diterima dengan baik ada dua macam sinyal Anknowledgement yang dihasilkan yaitu : - SS Message Acknowledgement
- Out Station Command Acknowledgement
- Duplicate Message
Pada saat sistem melaksanakan instruksi retrieval dan mengirimkan berita-berita yang diminta, maka secara otomatis sistem akan meng-copy-nya pada "Reject Intercept Position/Correction" Address AFTN Indonesia
Format
Berita AFTN terdiri dari :
- Heading
- Address
- Origin
- Text/isi berita
- Ending
- VSAT (Very Small Aperture Terminal).
VSAT merupakan Yaitu Fasilitas transmisi dimana pemancar dan penerimanya pada frekuensi yang berbeda sehingga komunikasi dapat berlangsung secara full duplex dengan menggunakan media satelit. VSAT merupakan suatu perangkat transceiver satelit yang berukuran kecil unuk komunikasi data, suara dan fax yang handal antara beberapa site-disebut dengan earth station yang tersebar secara geografis. kata-kata "very small" pada akronim VSAT Kerugian VSAT - Delay, sekitar 250 ms on single hop yaitu cara kerja
VSAT pada dasarnya dilakukan melalui dua kali pancaran, dari VSAT ke Hub
Station dan dari Hub Station ke VSAT yang dituju. untuk satu kali
pancaran dibutuhkan waktu 0,25 detik,karena dua kali pancaran maka waktu
yang dibutuhkan menjadi 0,5 detik sehingga dalam komunikasi terdpat delay
inheren kurang lebih 5 detik.
- Fading, sinyal satelite mengalami pelemahan karena
cuaca buruk maupun kabut
- Interference,jaringan yang beroperasi pada C-band
rentan terhadap interferensi dari sinyal-sinyal microwave terrestrial.
Keuntungan VSAT
- Cost-effective
- Mudah dalam instalasi
- Manajement jaringan tersentralisasi
- Satelite dapat men-cover daerah yang sangat luas
meliputi daerah luar maupun yang terpencil (nasional, regional maupun
international)
- mendukung kecepatan data yang tinggi
- dapat terhubung dengan jaringan lain termasuk PSTN,
dan cellular telephone system.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar